Saturday, April 5, 2014

End 2013 Holiday... (Singapore, River safari )

Day 9,  1 Januari 2014

Hai all....hari ini kita masih di Singapore. Untuk cerita sebelumnya kita bisa liat disini . Hari ini kita dapet free tour dari hotel naik bis hop on hop off . Jadi nanti kita di jemput di lobi hotel trus dianter langsung ke counter bisnya di singapore flier. Karena kita ber 15 , kita di jemput pake mobil seperti bis tapi versi mininya. Didalam mobil masih ada tersisa bangku kosong. Kata supirnya nanti dia mo jemput 2 orang yang stay di hotel holiday inn orchad. Setelah itu baru berangkat ke counter tiketnya bis .
Sampe di singapore flier , atas petunjuk supirnya kita langsung ke counter tiket bisnya. Kita tukerin voucher yang dikasih pihak hotel dengan tiket aslinya bis hop on hop off. Rute yang berangkat dari sini adalah singapore flier - merlion park - china town - orchad - little india - bugis - suntec city - trus balik lagi ke singapore flier. Jadi dengan ikut city tour bis hop on hop off ini kita bebas naik atau turun di tempat - tempat pemberhentian yang disebutkan diatas. Terserah mau lama atau sebentar semua sesuai keinginan kita. Kalo udah selesai tinggal tunggu di halte yang sudah ditentukan trus bisa naik lagi menuju tempat berikutnya. Kalo gak salah tiket bis ini berlaku selama 24 jam.
Setelah tiket di tangan kita langsung bergegas mengikuti petugas menuju bis yang akan berangkat. Bisnya ini bis tingkat, dengan bagian atas setengahnya terbuka tanpa atap.  Anak - anak bergegas dongg...milih di bagian yang tanpa atap. Sebagian lagi yang gak dapet tempat duduk di ruangan tertutup. Dan dimulailah perjalanan kita naik bis hop on hop off .

Liat-liat pemandangan naik bis hop on hop of
Baru setengah perjalanan kita lewatin orchad road dan bis nya berhenti di sebrang hotel kita...dan rombongan pada turun...jadi otomatis kita turun juga dong...walau gak ngerti kok turun di orchad lagi ?? Ternyata pada mau makan siang dulu....trus lanjut mau ke IKEA yang di alexandra. Ya sudahlah...karena ngikut rombongan kita ikut aja...!
So sehabis makan siang kita naik mrt lanjut jalan ke Ikea yang di alexandra. Berhubung hari ini masih termasuk hari libur juga di singapore, di Ikea rame sekali. Rencananya disini kita mo keliling liat - liat, trus mo makan meatball di foodcourtnya ikea. Tapi rencana tinggal rencana....ternyata di foodcourtnya lebih rame lagi. Padahal waktu itu bukan jam makan siang. Udah sekitar jam 2 an lewat. Semua tempat duduk di foodcourt terisi penuh...sementara antrian di kasirnya juga panjang. Batal deh makan di situ...sanking banyak nya orang selera makan juga udah hilang deh. Akhirnya kita jajan es krim aja sama beli coklat di Ikea. Tempat kita jajan ini letaknya gak jauh dari kasir ikea. Setelah anak - anak selesai makan es krim kita lanjut jalan mo balik ke hotel.

Pesenan hubby,  milih  mie yang agak lebar + fishball nya ada 6
Malam ini kita mo makan di food courtnya ion lagi. Disini enak..tempat duduknya banyak. Gak kaya di food courtnya takashimaya mo duduk penuhhh banget. Kali ini aku mau ngeriview makanannya hubby. Dia pesen fishball noodle. Li Xin Teochew Fishball noodles nama counternya. Dan biasanya didepan counter itu selalu ada aja antrian. Menurut iparku Edie emang fishballnya enak . Kemaren itu waktu dia pesen aku sempet nyicipin sedikit. Mie nya enak gak tawar ada bumbu saos pedes manis gitu. Fishball nya juga garing gak bau amis sama sekali.
Nah hari ini antrian terhitung sepi karena cuma ada sekitar 3 orang aja yang antri. Hubby langsung antri di sini. Tadinya aku juga mau...tapi berhubung gak boleh beli mie nya aja harus satu paket sama fishball aku gak jadi beli. Aku gak terlalu suka fishball. Jadi aku makan chicken rice aja deh.  Emang beneran enak tu mie....

Day 9,  2 Januari 2014

Hari ini hari terakhir kita di Singapore, besok kita udah pulang balik ke Jakarta...liburan tlah usai. Sebenernya hari ini blon ada rencana mo kemana...akhirnya kita diskusi dulu di kamar mami...akhirnya sepakat kita mau ke river safari aja. Berhubung udah jam 10 an aja jadi kita siap - siap deh ke foodcourt dulu makan ....entah apa ini namanya breakfast or lunch yach...?? Jamnya nanggung gini soalnya. Selesai makan kita naik mrt trus disambung dengan bis yang ke arah Singapore zoo. Lumayan lama loh perjalanan naik bisnya. Anak - anak sempet boring gitu...abis didalam bis lumayan penuh...mungkin karena masih musim liburan jadi rame juga yang ke arah zoo. Dari orchad kita naik MRT ke arah Ang Mo kio. Setelah itu baru disambungn naik bis dari Ang Mo Kio interchange ke zoo.
Akhirnya sampe juga kita di Singapore zoo. River safari ini letaknya  masih satu kompleks dengan singapore zoo. Tapi pintu masuknya beda. Loket tiketnya juga berdekatan. Cuma kalo masuk Singapore zoo itu lurus sedangkan river safari ada di sebelah samping letak pintu masuknya.  Di depan loket tiket antrian juga lumayan panjang. Tapi karena loket tiketnya ada banyak yang dibuka..jadi lumayan cepet juga kita. Sampe depan loket tiket river safari, tiket boatnya udah abis gak ada lagi. Tapi kita masih bisa masuk river safari . Ya udahlah dari pada jauh- jauh trus pulang lagi...kita beli juga tiketnya. Informasi river safari ini lengkapnya bisa diliat disiniOh iya untuk bisa naik boatnya anak - anak ada batas tinggi minimumnya, yaitu 1.06m (bisa liat foto dibawah ini) .

Batas tinggi minimal untuk naik boat (kiri)
Sobekan karcis masuk yang gambarnya bisa digabung - gabungkan (kanan bawah)
Setelah dapet tiketnya kita masuk ke river safari. Kali ini kita akan jalan kaki di pinggir sungai besar sambil keliling river safari. Gak jauh dari pintu masuk udah ada peta gede yang dipajang. Kita bisa liat area mana aja yang akan kita lewatin. Setelah lewat pintu masuk kita akan memasuki area Amazon Flooded Forest, kemudian Squirrel Monkey Forest dan Amazon River Quest. Naik boatnya itu  untuk menjelajahi area Amazon River Quest.

Peta river safari, kita jalan ngikutin alur yang warna coklat itu ( kiri)

Sungai lebar yang ada ditengah - tengah river safari
Amazon Flooded Forest ini terletak dalam ruangan tertutup, jadi kita masuk ke gedung gitu. Didalam  ruangan full ac dan aquarium raksasa yang berisi ikan - ikan besar. Ada ikan duyung,ikan arapaima , berang - berang dan macem - macem lagi yang aku gak gitu tau namanya .  Keluar dari gedung ini gak lama lagi kita ketemu Squirrel Monkey Forest. Untuk masuk area ini pengunjung diharapkan tidak membawa makanan, minuman atau tas. Karena area ini area terbuka. Jadi ntar kita masuk kandang besar dimana didalam monyet dan tupainya dibiarkan bebas. Kita tinggal jalan aja ngikutin jalan setapak yang ada. Di kiri kanannya ada pager juga tapi gak gitu tinggi. cuma buat pembatas aja supaya orang gak keluar dari jalan setapak itu .Berhubung kaki aku pegel.... jadi aku deh yang jadi sukarelawan nungguin barang - barang rombongan yang mau masuk. Hubby ikut masuk sama anak - anak.

(1) Ikan duyung yang lagi dikasih makan   (2) Ikan arapaima
(3) Ikan besar dalam giant aquarium  (4) Aquarium berang - berang deket pintu keluar
Setelah selesai ngiterin area itu rombongan pun siap buat jalan lagi. Gak jauh dari situ kita liat ada kaya semacam kantin kecil. Lumayan rame tuh...banyak orang. Ternyata jualan sorbet buah - buahan. Merknya Island way sorbet. Ini sorbetnya lucu deh...wadah tempat sorbet ini memakai kulit buat asli. Kalo yang pake kulit jeruk itu sorbet rasa orange sama orange mango. Yang pake kulit kelapa itu sorbet rasa coconut . Trus ada juga yang pake kulit nanas... nah kalo ini rasa pineapple sama pinacolada. Ada juga yang pake kulit lemon yaitu rasa sorbet lemon sama pomegranate lemon. Kalo mo liat - liat si sorbet ini bisa liat di facebooknya disiniAnak - anak pada semangat tuh beli juga. Laura beli yang Mango orange. Sayang karena waktu itu rame dan agak panas si sorbet ini tinggal dikit banget di freezernya . Jadi gak semua nih yang kebagian. Gak apa - apa yang penting udah nyobain...dan yang paling penting anak - anak semua dapet satu - satu. Jadi gak ada acara ngambek or marah - marah nih. Kalo menurut aku yang sempet nyobain sorbetnya si laura, enak sih nih sorbet ....apalagi dimakan di cuaca yang agak panas gini. Jadinya seger gitu, gak terlalu manis tapi gak terlalu asem juga . Paslah di lidah rasanya .

(1) Sorbet mango orange yum...yum...
(2) + (3)  Kotak cookies panda sama cookies pandanya.
Selesai makan si sorbet ini kita jalan lagi sampe mentok ke ujung. Rupanya di ujung ini tempat naik boatnya disini area Amazon River quest. Jadi kurang lebih selama 10 menitan kita naik boat itu sambil liat - liat binatang hidup yang ada di kiri kanannya. Berhubung kita gak dapet tiket buat naik boat, balik lagi deh . Kita balik trus nyebrang jembatan yang motong sungainya (bisa liat di peta atas) . Nah di ujung jembatan itu ada resto Mama Panda Kitchen. Ramee banget restonya...ini restoran chinese food. Kalo liat - liat sih makanannya kaya dimsum gitu . Di resto ini juga jualan bakpau, tapi bakpaunya lucu...dibentuk kaya muka panda gitu. Matanya hitam ada kupingnya juga. Jadi gemes deh pengen nyicipin. Tapi begitu liat antrian di kasir panjang sekaleee....gak jadi deh. Ehh.....si edie ( iparku)  tau - tau udah nenteng 2 kotak cookies panda . Cepet amat dia belinya . Ini cookiesnya juga lucu...dibentuk panda gitu....
Gak jauh dari mama kitchen itu ada Giant Panda Forest. Kita masuk ke situ. Di sini indoor yang dibuat menyerupai outdoor. Suhu didalam ruangan juga diatur sesuai dengan habitat si panda ini. Disini banyak penjaganya, mereka mengawasi pengunjung agar jangan berisik agar tidak mengganggu si panda. Disini juga dilarang motret menggunakan flash light karena bisa merusak mata pandanya. Di depanku ada beberapa anak abg gitu ngobrol depan kandang pandanya, disamperin petugasnya loh langsung disuruh silence please...! Disini ada 2 panda, namanya Kai Kai sama Jia Jia . Sayang waktu aku ke sini pandanya cuma diem aja di pojokan gak kelihatan jelas...cuma keliatan pantat nya aja sama kakinya yang hitam. Selain Kai kai sama Jia Jia sini juga ada red panda. Red panda ini bentuk tubuhnya lebih kecil, ekornya panjang dan bulunya juga lumayan tebel.

Pengetahuan tentang panda didalam Giant Panda forrest
Setelah lewat Giant Panda Forest ini kita mulai masuk are sungai - sungaian. Ini listnya aku susun berdasarkan arah jalan dari Giant forest ke arah pintu keluar ya...
  1. Yangtze river, disini ada chinese alligator, giant salamander,sama sturgeon (ini bentuknya kaya ikan gitu ).
  2. Mekong  river,  disini ada mekong giant catfish, giant freshwater stingray sama crab-eating macaque.
  3. Murray river, nah kalo disini banyak ikan ada australian lungfish, murray cod sama ada kaya kepiting gitu namanya red clawed crayfish.
  4. Ganges river, disini ada indian gharial (bentuknya sih kaya buaya gitu ), forg-faced softshell turtle sama goonch catfish.
  5. River Nile, disini ada berbagai macam ikan, seperti African arowana, tiger fish dan giraffe catfish .
  6. Congo river,yang disini juga masih banyak ikan seperti congo tetra, giant freshwater puffer dan jewel cichlid.
  7. Mississippi river, ini sungai yang terakhir. Disini ada beaver (berang - berang), alligator snapping turtle sama mississippi paddlefish .
Setelah keluar dari mississippi river itu gak lama lagi kita udah sampe di lobi tempat kita masuk tadi. So...kita balik lagi jalan ke halte bis . Kita naik bis lalu sambung naik MRT balik ke hotel. Makan malam di orchad aja ntar sekalian jalan pulang. Soalnya malam ini kita harus packing lagi...besok sudah harus check out.